Ryusuke Moriai, Sosok di Balik Desain G-Shock yang Gahar | replicawatches-park.com

Ryusuke Moriai, Sosok di Balik Desain G-Shock yang Gahar

Post date:

Category:

Namanya mungkin tidak setenar Kikuo Ibe, Bapak G-Shock, yang menciptakan ratusan prototipe untuk membuat jam kerja keras.

Namun peran Ryusuke Moriai sama pentingnya dalam membuat G-Shock dicintai oleh jutaan orang di seluruh dunia. Ya, Ryusuke Moriai adalah desainer Casio yang telah merancang jam tangan G-Shock selama beberapa dekade.

Salah satu desain terlaris di Indonesia adalah G-Shock GA-110. Anggota keluarga Frogman membutuhkan proses 3 tahun sebelum akhirnya dibebaskan. Karena, sebelum dirancang oleh Moriai, G-Shock harus melakukannya survei pasar terkait dengan model seperti apa yang disukai pasar.

Moriai telah bergabung dengan Casio sejak 1985, tiga tahun setelah G-shock pertama dirilis. Dia memang lulusan desain produk dari Universitas Seni Musashino dan telah lama tertarik pada jam tangan. Tetapi di antara tiga perusahaan arloji di Jepang pada saat itu, ia paling tertarik pada Casio karena desainnya yang unik.

Ryusuke Moriai di G-Shock. Doc: Watchpro

"Karena itu, saya sangat tertarik memasuki Casio terutama untuk desain jam," kata Moriai dalam sebuah wawancara, dikutip dari Kompas.com.

Jam tangan desain Casio yang pertama adalah F-91W. Meski sederhana, produk ini masih populer hingga saat ini.

Kemudian pada tahun 1990, ia mulai bergabung dengan G-Shock. Salah satu seri favoritnya adalah DW-6400. Proses ini juga merupakan memori favorit Moriai karena dia benar-benar memulai dari awal. Dia membutuhkan sekitar 6 bulan hingga satu tahun untuk membuat desain DW-6400.

Desainnya terinspirasi oleh Gundam yang sangat populer di kalangan orang Jepang. Sayangnya, produksi DW-6400 dihentikan karena kurangnya penjualan. Meski begitu, DW-6400 tetap menjadi seri favorit Moriai.

G-Shock DW-6400. Foto: Pinterest

"Arloji tidak laku di mana pun. Serial ini lahir pada 1994. Saat itu, Casio tidak laku internasional. Jadi pemikirannya yang penting di Jepang laris manis," jelas Moriai.

Pada 1995, Moriai diangkat ahli memimpin untuk desain G-Shock. Dia mendedikasikan banyak waktu untuk membuat inovasi desain dari kreativitasnya. Sebelum akhirnya ditunjuk sebagai Kepala Desainer, Moriai telah merancang sekitar 30 model G-Shock.

Kenapa desain G-Shock bisa sekeren itu?

Rupanya, Moriai-san adalah penggemar otomotif. Tidak heran desain G-Shock sering tumpang tindih antara mobil, motor, hingga pesawat. Dengan cara yang halus namun dalam, ia dapat menggabungkan hal-hal yang ia sukai dengan arloji yang dirancang.

Ryusuke Moriai di Jepang. Foto: Ablogtowatch

Menurut Moriai, mendesain G-Shock di masa lalu lebih mudah daripada sekarang. Di masa lalu ia masih bisa bersikap idealis, benar-benar menuangkan kreativitasnya. Tapi sekarang, karena G-Shock dikenal luas dan bahkan dijadikan ikon budaya, desain G-Shock tidak boleh terlalu jauh. Tujuannya, agar penggemar tetap bisa mengenali karakter G-Shock dalam desainnya.

Itu juga menarik, Ryusuke Moriai! Jika Anda ingin memiliki desain di pergelangan tangan Anda, seperti Casio F-91W atau G-Shock GA-110, cukup klik Jamtangan.com. Ada juga versi aplikasi!

Posting Ryusuke Moriai, sosok di balik desain G-Shock sengit muncul pertama kali di Blog Machtwatch.

Related Posts

Meski Harga Murah, Ini 7 Alasan Hindari Jam Tangan KW

Jam tangan KW, replika, atau palsu menggoda karena harganya murah. Dengan perbedaan harga yang cukup besar, Anda bisa mendapatkan arloji dengan tampilan yang hampir...

Seiko Prospex LX Terinspirasi dari Hutan Misterius Antartika

Pertama kali diperkenalkan ke publik pada tahun 2019, Seiko LX tampaknya menjadi godaan bagi pecinta jam tangan Seiko. Nama LX sendiri berasal dari ejaan...

Timex PAC-MAN, Jam Tangannya Pecinta Game Arkade

Timex PAC-MAN, Jam Tangannya Pecinta Game Arkade - Kesan pertama, jam tangan ini terlihat kecil, bersahaja, dan terlihat sederhana. Namun ada sesuatu yang berbeda...