Jangan Cuma Dipakai, Ini Cara Membersihkan Strap Jam Tangan | replicawatches-park.com

Jangan Cuma Dipakai, Ini Cara Membersihkan Strap Jam Tangan

Post date:

Category:

Untuk penggemar menonton, meninggalkan rumah tanpa memakai jam tangan rasanya ada yang hilang. Jika Anda termasuk dalam grup ini, Anda mungkin memakai jam tangan setidaknya 8-12 jam sehari. Jika pakaian yang Anda pakai seharian biasanya langsung dicuci, bagaimana dengan jam tangan Anda?

Ya, jam tangan juga perlu dirawat dan dibersihkan ya guys. Jangan terus-terusan menggunakannya. Apalagi jam tangan yang bersentuhan langsung dengan kulit, terkena debu hingga keringat seiring dengan aktivitas kita. Bakteri dan jamur bisa bersarang di sana.

Beberapa waktu lalu, kami membahas cara membersihkan jam tangan. Kali ini kami akan membahas secara khusus cara membersihkan tali jam berdasarkan bahannya. Ayo segera berlatih!

1. Tali Kulit

Jam tangan dengan tali kulit memang membutuhkan perawatan lebih. Sedikit air boleh saja, tapi sebaiknya tali kulit tidak terendam air. Berikut cara membersihkan strap kulit:

Spinnaker Vintage Spence dengan tali kulit.
  • Pertama-tama lepaskan tali dari arloji
  • Gosok dengan kain atau sikat yang sangat lembut. Jika tali Anda memiliki finishing beludru atau nubuck, lebih baik menyikatnya dengan lembut dengan sikat beludru.
  • Gunakan kondisioner kulit untuk menjaga tali kulit jam tangan tetap lembut dan lembap. Ingat, beberapa kondisioner kulit membuat strap kulit menjadi lebih gelap dari sebelumnya.

Untuk memperpanjang umur tali, yang terbaik adalah tidak menggunakannya setiap hari. Sebab jika dipakai setiap hari non stop, strap leather bisa lebih cepat rusak. Setelah memakai, sandarkan strap kulit Anda dengan mengganti strap atau memakai jam tangan lain.

2. Tali NATO dan Nilon

Beberapa orang memilih jam tangan dengan tali nilon atau NATO karena kenyamanan dan kelenturannya. Strap nylon juga tahan air dan paparan sinar matahari sehingga cocok untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

Seiko Solar SZEV014. Foto: Seiko

Kekurangannya adalah tali nilon lebih mudah kotor, bau, dan bernoda. Nah, berikut cara membersihkan atau mencuci NATO atau jenis tali nilon lainnya:

  • Lepaskan tali dari arloji
  • Gosok tali dengan handuk bersih atau sikat lembut, pastikan tidak ada kotoran yang tertinggal di permukaan tali.
  • Siapkan baskom kecil, isi dengan air hangat dan sabun cuci piring. Rendam tali nilon Anda. Jangan gunakan air mendidih.
  • Saya dengan lembut menggosok tali dengan tangan Anda. Pastikan tidak ada noda yang tersisa.
  • Bilas dengan air bersih mengalir.
  • Keringkan dengan handuk dan peras sisa airnya.
  • Keringkan tali nilon Anda, tetapi Anda harus menghindari sinar matahari langsung.

Sebenarnya ada cara yang lebih praktis. Setelah melepas tali nilon dari kotak arloji, masukkan ke dalam kaus kaki yang tidak digunakan. Setelah itu taruh di mesin cuci bersama cucian lainnya. Eits, tidak perlu dimasukkan ke dalam pengering, karena tali nilon bisa meleleh saat terkena panas berlebih!

3. Tali Karet

Dibandingkan dengan jenis tali jam lainnya, tali karet paling mudah dibersihkan. Selain itu, tali karetnya nyaman dan tahan lama untuk dipakai. Jenis strap ini juga cocok untuk kamu yang aktif karena karet tidak mudah bau. Berikut cara membersihkannya:

G-Shock GBX-100 dengan tali karet. Foto: G-Shock
  • Lepaskan tali dari kotak arloji. Kecuali arloji Anda tahan air, langkah ini dapat dilewati.
  • Basahi tali dengan air hangat atau air mengalir.
  • Gosok dengan sabun tangan atau sabun cuci piring.
  • Bilas dan keringkan. Hindari paparan sinar matahari langsung.

4. Gelang

Anda mungkin salah satu orang yang menyukai jam tangan dengan tali atau gelang stainless steel. Kesannya memang lebih mewah dan elegan. Namun sayangnya gelang tersebut sedikit lebih sulit untuk dibersihkan dibandingkan jenis tali pengikat lainnya. Begini caranya:

Seiko Prospex SRPB99K1 dengan tali / gelang stainless steel. Foto: Seiko
  • Lepaskan gelang dari casing dengan alat batang pegas. Ini memungkinkan Anda untuk membersihkan bagian dalam lugs dan endlink di gelang.
  • Rendam gelang dengan air hangat dan sabun
  • Sikat dengan lembut menggunakan sikat gigi. Jangan lewatkan celah-celahnya karena di sanalah sering kali kotoran menumpuk
  • Keringkan dengan handuk atau tisu hingga benar-benar kering.

Jadi, apakah Anda siap untuk membersihkan tali jam Anda? Jam tangan favorit Anda memang membutuhkan perawatan. Jika tali jam Anda bersih, tali jam tersebut juga harus nyaman dipakai.

Jadi, jika ingin menambah koleksi jam tangan Anda, bisa langsung mengunjungi Jamtangan.com. Banyak pilihan jam tangan branded dengan berbagai tipe strap. Ayolah!

Postingan Jangan Hanya Memakainya, Inilah Cara Membersihkan Tali Jam Anda muncul pertama kali di Blog Machtwatch.

Related Posts

Grand Opening Toko Machtwatch di Aeon Mall Bagi-Bagi Casio Gratis

Segera buka! Toko Machtwatch di Aeon Mall Sentul City, Bogor. Pembukaan toko Machtwatch resmi dimulai tanggal 28 Oktober 2020 dan dimeriahkan oleh promo menarik...

Review Casio G-Shock CARBON CORE GA-2110SU-9A

Masih ingat dengan hebohnya dunia per”G-Shock”an saat Casio merilis model terbaru ( dan murah ) mereka yang mengusung teknologi carbon core guard, GA-2100? Yah model...

Review Casio G-Shock Rangeman GW-9400-1B – 7 tahun penantian!

Indonesia akhirnya “kebagian” jatah untuk seri blackout Rangeman GW-9400-1B ini! Cukup menyedihkan yah sebenarnya, model GW-9400-1B yang harusnya sudah dirilis pada awal januari 2020, baru...