Cara Mengetahui Jam Tangan Perlu Ganti Baterai atau Servis | replicawatches-park.com

Cara Mengetahui Jam Tangan Perlu Ganti Baterai atau Servis

Post date:

Category:

Mungkin Anda memakai jam tangan favorit setiap hari untuk membantu aktivitas Anda lebih teratur. Namun, seperti item favorit lainnya, jam tangan Anda perlu perawatan. Untuk jam tangan dengan gerakan kuarsa misalnya, perlu mengganti baterai dan membersihkan mesin secara teratur.

Namun terkadang masalahnya tidak sesederhana itu. Setelah beberapa saat digunakan, gerakan Jam tangan kuarsa Anda juga perlu diservis. Terutama jika Anda merasa jam tangan Anda tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Berikut ini cara mengetahui apakah jam tangan kuarsa perlu diganti baterai atau perlu diservis:

1. Jam tangan Anda berhenti beroperasi

Jam tangan kuarsa membutuhkan penggantian baterai setiap tahun. Meskipun beberapa baterai dapat bertahan lebih dari satu tahun, sebaiknya tidak menunggu hingga baterai benar-benar habis masa berlakunya. Mengganti baterai secara teratur setiap tahun dapat memperpanjang umur jam tangan.

Ganti baterai pada jam kuarsa. Foto: Times Ticking

Tapi kalau baterainya sudah diganti, arloji kamu tetap tidak bisa berfungsi yang artinya ada masalah lain. Sering gerakanitu dia Masalah. Oleh karena itu, jika arloji Anda tiba-tiba berhenti berfungsi, disarankan untuk membawanya ke titik servis untuk diperiksa.

2. Skipping Tangan Kedua

Merupakan pertanda bahwa jam tangan Anda perlu diganti baterai. Awalnya melompat dalam interval dua detik, lalu lima detik, hingga akhirnya jam tangan benar-benar berhenti beroperasi. Saat jarum detik sudah melompat-lompat, sebaiknya segera ganti baterainya.

Jangan biarkan jam tangan Anda beroperasi dengan daya rendah. Karena jika cairan kimia dari baterai yang sudah kadaluwarsa bocor, jam tangan Anda bisa rusak.

3. Jam tangan itu berembun

Kasus embun adalah masalah umum pada jam tangan. Jika Anda melihat jam tangan Anda berembun, meskipun hanya sedikit, jangan biarkan begitu. Kotak yang lembab dapat merusak mesin jam, baik itu kuarsa atau mekanis. Gerakan dapat mengalami korosi lebih mudah dan membutuhkan perbaikan yang lebih kompleks.

Ilustrasi memperbaiki jam tangan. Foto: Pixabay

Sementara itu, yang dapat Anda lakukan hanyalah menjaga bagian belakang arloji Anda tetap hangat. Agar embun tidak kembali, bawa arloji Anda ke tempat servis untuk menutup paking.

4. Mahkota sulit digunakan

Mahkota jam tangan terhubung ke poros yang terletak di dalam mesin. Seiring waktu, mahkota bisa menjadi kaku atau bahkan longgar saat digunakan. Akibatnya, sulit untuk menyetel waktu dan tanggal pada jam tangan Anda.

Kalau sudah begini berarti jam tangan anda perlu dibawa ke tukang. Apalagi jika mahkotanya lepas, artinya mesin jam tangan Anda perlu di perbaiki oleh tenaga profesional. Tapi tenang, baik tajuk maupun batangnya bisa diganti atau diperbaiki.

5. Ada suara aneh dari case

Jam tangan Anda mungkin berfungsi seperti biasa. Tapi Anda mendengar suara berderak dari dalam case. Apa yang harus saya lakukan atau apa yang harus saya lakukan?

Ilustrasi dari pembuat jam tangan yang sedang meningkatkan gerakan. Doc: Machtwatch

Suara berderak dalam casing menunjukkan komponen longgar. Jam tangan terdiri dari mesin yang sangat presisi. Jika salah satu komponen kendor, baik roda gigi maupun baterai, bagian lainnya bisa rusak. Anda harus segera membawa arloji Anda ke tempat servis.

Jadi gimana? Pernahkah Anda merasakan salah satu masalah di atas pada jam tangan Anda? Jika jam tangan Anda rusak atau perlu mengganti baterainya, Anda dapat membawanya ke toko Machtwatch terdekat di kota Anda!

Posting Cara Mengetahui Jam Tangan Anda Perlu Mengganti Baterai atau Servis muncul pertama kali di Blog Machtwatch.

Related Posts

Grand Opening Toko Machtwatch di Aeon Mall Bagi-Bagi Casio Gratis

Segera buka! Toko Machtwatch di Aeon Mall Sentul City, Bogor. Pembukaan toko Machtwatch resmi dimulai tanggal 28 Oktober 2020 dan dimeriahkan oleh promo menarik...

Review Casio G-Shock CARBON CORE GA-2110SU-9A

Masih ingat dengan hebohnya dunia per”G-Shock”an saat Casio merilis model terbaru ( dan murah ) mereka yang mengusung teknologi carbon core guard, GA-2100? Yah model...

Review Casio G-Shock Rangeman GW-9400-1B – 7 tahun penantian!

Indonesia akhirnya “kebagian” jatah untuk seri blackout Rangeman GW-9400-1B ini! Cukup menyedihkan yah sebenarnya, model GW-9400-1B yang harusnya sudah dirilis pada awal januari 2020, baru...