Cara Cepat Membedakan Seiko Original dan KW | replicawatches-park.com

Cara Cepat Membedakan Seiko Original dan KW

Post date:

Category:

Bagi sebagian kolektor, Seiko mungkin dianggap sebagai merek tingkat awal. Cocok untuk pemula yang hanya ingin mengoleksi jam tangan karena beberapa model harganya relatif terjangkau. Meski begitu, popularitas Seiko ternyata mengundang orang untuk membuat tiruannya.

Ya, tidak sedikit replika Seiko yang dijual di pasaran. Anda bisa dengan mudah memakainya pasar gelap maupun toko online. Beberapa terlihat jelas bahwa itu adalah KW, tetapi ada pula yang sulit dibedakan dengan aslinya.

Jangan tertipu dengan membeli jam tangan KW. Anda harus memastikan produk yang akan Anda beli asli atau asli. Nah, kebetulan Machtwatch mendapatkan Seiko Prospex PADI SRPA83K1 dan Seiko Brian May SRPE83K1 palsu untuk membuat perbandingan dengan yang asli. Berikut cara cepat membedakan Seiko Ori dan KW:

1. Perhatikan warna dial

Cara termudah adalah dengan membedakan warna pada dial. Secara umum, meskipun produsen individu Feiko (palsu Seiko) mencoba meniru desain dial, hasilnya tidak 100% mirip. Misalnya pada SRPA83K1 palsu vs asli ini. Anda dapat melihat bahwa warna biru menyala sunburst Dial Seiko KW tampak lebih gelap dari aslinya.

Ini juga terjadi pada Seiko Brian May yang asli versus KW. Ketika Machtwatch membandingkan keduanya, jelas bahwa dial SRPE83K1 palsu lebih ringan dari aslinya. Seperti terlihat pada foto berikut.

Seiko Brian May palsu (kiri) dan asli (kanan)

Tentu tidak mungkin jika harus selalu membandingkannya secara langsung. Agar lebih mudah, Anda bisa masuk ke situs resmi Seiko untuk melihat tampilan visual dari jam tangan asli kemudian membandingkannya.

2. Periksa Semua Huruf

Ini juga mudah. Periksa logo "Seiko" di dial. Ada Seiko KW yang ejaannya sengaja dibuat salah ketik, tapi ada juga yang menggunakan font resmi Seiko. Jika sudah begini, mungkin Anda membutuhkan kaca pembesar untuk melihat perbedaannya.

Seiko Brian May KW

Pada gambar terlihat logo Seiko KW terlihat berbeda dari aslinya. Pada versi replika SRPE83K1, logo Seiko tampak menghubungkan antar huruf, meskipun jenis hurufnya agak mirip. Logo Seiko terlihat lebih tipis dan ceroboh.

3. Pengamatan Caseback

Balikkan arloji Anda untuk mengamati penutup belakang. Mengukir atau ukiran pada Seiko asli akan terlihat rapi dan detil. Misalnya, di Seiko PADI, logo gelombang khas di Seiko Prospex dicetak dengan indah. Sedangkan pada Seiko palsu terlihat ukiran logo gelombang buram dan mencemooh. Saat Anda menyentuhnya dengan ujung jari, penutup belakang Seiko dan Feiko terasa sangat berbeda.

Seiko PADI palsu (kiri) dan asli (kanan)

Selain itu, Seiko yang baru memiliki stiker bening di bagian belakangnya. Casing belakang yang tidak transparan biasanya disertai dengan stiker biru jernih, sedangkan casing belakang transparan disertai dengan stiker bening. Nah, casing belakang Seiko palsu juga hadir dengan stiker bening namun terdapat garis merah tipis di bagian bawah. Seperti pada gambar berikut.

4. Periksa jenis gerakannya

Seringkali produsen Seiko palsu tidak melengkapi produk tiruannya dengan gerakan yang sesuai dengan aslinya. Misalnya di Seiko PADI palsu yang kami dapatkan, alih-alih menggunakan gerakan otomatis, Feiko digerakkan oleh gerakan kuarsa. Meski tidak bisa langsung melihatnya di casing belakang karena tidak transparan, Anda bisa mengecek perbedaan gerakan pada gerakan second hand.

Perbedaan antara rotor Seiko Brian May palsu (kiri) dan asli (kanan)

Lain halnya dengan Seiko Brian May palsu. Replika ini telah diberdayakan gerakan otomatis tapi tidak sama dengan aslinya menggunakan Kaliber 4R36. Perbedaan gerakan juga terlihat pada rotor. Rotor Seiko Brian May berlogo Seiko 5 terpampang jelas, sedangkan yang palsu tidak.

5. Bandingkan Lume

Cara ini juga mudah. Bawa arloji Anda di ruangan gelap. Seiko yang asli punya lume cerah dan berani. Sedangkan Feiko biasanya dilengkapi dengan lume tetapi cahayanya lebih redup.

5. Periksa Detail Lainnya

Selain warna dial, huruf, casing belakang, dan pergerakannya, kamu juga perlu memperhatikan detail lainnya ya guys. Misalnya mewarnai atau pekerjaan melukis. Sebagian besar Seiko palsu diwarnai sembarangan sehingga hasilnya tidak rapi. Begitu pula finishingterkadang Feiko tidak konsisten disikat atau dipoles.

Selain pewarnaan, pemotongan Seiko palsu juga sering kali tidak rapi. Misalnya di Seiko PADI SRPA83K1, pemotongan di kain kafan atau perisai luar terlihat kasar. Jika ada Seiko yang asli pemotonganKasar seperti itu, pasti tidak lulus kontrol kualitas.

Begitu juga dengan Seiko Brian May. Pada Seiko asli, tanda tangan Brian May di casing belakangnya adalah emas tajam. Sedangkan versi replikanya terlihat lebih pucat. Perbedaan ini terlihat jelas saat dilihat di bawah cahaya.

Untuk lebih jelasnya kalian bisa menyaksikan perbandingannya pada video review berikut ini:

Jika Anda sedang mencari Seiko yang asli dan tidak perlu diragukan keasliannya, Anda dapat mengunjungi website atau aplikasi Jamtangan.com. Tidak hanya asli, tapi juga bergaransi dan pastinya harga terbaik di Indonesia. Ayo, lihat!

Kiriman Cara Membedakan Seiko dan KW Asli dengan Cepat muncul pertama kali di Blog Machtwatch.

Related Posts

Grand Opening Toko Machtwatch di Aeon Mall Bagi-Bagi Casio Gratis

Segera buka! Toko Machtwatch di Aeon Mall Sentul City, Bogor. Pembukaan toko Machtwatch resmi dimulai tanggal 28 Oktober 2020 dan dimeriahkan oleh promo menarik...

Review Casio G-Shock CARBON CORE GA-2110SU-9A

Masih ingat dengan hebohnya dunia per”G-Shock”an saat Casio merilis model terbaru ( dan murah ) mereka yang mengusung teknologi carbon core guard, GA-2100? Yah model...

Review Casio G-Shock Rangeman GW-9400-1B – 7 tahun penantian!

Indonesia akhirnya “kebagian” jatah untuk seri blackout Rangeman GW-9400-1B ini! Cukup menyedihkan yah sebenarnya, model GW-9400-1B yang harusnya sudah dirilis pada awal januari 2020, baru...