Akurat dan Tahan Lama, Apa itu Movement Meca-Quartz? | replicawatches-park.com

Akurat dan Tahan Lama, Apa itu Movement Meca-Quartz?

Post date:

Category:

Jika Anda seorang penggemar menonton atau hanya membahas horologi, Anda mungkin pernah mendengar tentang meca-kuarsa. Gerakan ini digunakan pada jam tangan dengan modul kronograf. Meka-kuarsa juga dikatakan memiliki keunggulan baik dari gerakan kuarsa maupun mekanis.

Apa sebenarnya meca-kuarsa itu?

Sesuai dengan namanya, meca-kuarsa merupakan mesin jam hybrid atau gabungan antara mekanik dan kuarsa. Mesin jam ini digunakan untuk jam tangan kronograf, dimana fungsi utama penunjuk waktu menggunakan teknologi kuarsa, sedangkan untuk mengoperasikan kronograf digunakan modul mekanik.

Awal Meca-Quartz

Meca-kuarsa bukanlah inovasi baru. Jenis gerakan ini sudah ada sejak tahun 80-an. Saat itu terjadi Quartz Crisis, dimana terjadi evolusi besar-besaran dalam industri jam tangan akibat munculnya teknologi Quartz yang perlahan menggantikan jam tangan mekanik di seluruh dunia.

Jaeger-LeCoultre Master Control Meca-quartz Chronograph. Foto: AnalogShift

Dua perusahaan Swiss, yaitu Frédéric Piguet dan Jaeger-LeCoultre, mencoba menambah nilai pada jam tangan kuarsa dengan menambahkan komponen mekanis ke kronograf kuarsa standar.

Alih-alih menggunakan mesin terpisah untuk setiap jarum jam pada kronograf, seperti pada kronograf kuarsa biasa, inovasi baru ini memungkinkan satu mesin untuk menjalankan satu set roda gigi yang membagi tenaga di semua fungsi kronograf. Caranya adalah dengan menggunakan komponen mekanis agar ada sensasi “klik” pada pendorong seperti pada jam mekanis.

Mecha-kuarsa awal umumnya digunakan jam tangan mewah. Sebut saja Jaeger LeCoultre, IWC, Cartier, Porsche, Chopard, Omega, hingga Breitling. Ini masih berlangsung sampai tahun 90-an. Sayangnya, karena kurangnya popularitas, meca-kuarsa untuk Swiss perlahan menghilang di awal tahun 2000-an.

Jaeger LeCoultre Kaliber 631. Foto: Terkena luka

Meski begitu, jam tangan chronograph dengan gerakan meca-kuarsa ini patut untuk diperhatikan oleh para kolektor, guys. Sebab, gerakan ini menggabungkan kelebihan kuarsa dan mekanis. Apa pun?

Keunggulan Gerakan Meca-Quartz

Pergerakan kuarsa umumnya lebih murah, lebih akurat, dan lebih mudah perawatannya. Sedangkan gerakan mekanis, baik otomatis maupun putaran manual, dikerjakan lebih hati-hati, umumnya menggunakan bahan berkualitas, dan memiliki nilai seni.

Nah, jam tangan kronograf meca-kuarsa memiliki akurasi kuarsa tertinggi dan kinerja kronograf mekanis. Jika dibandingkan dengan jam tangan kronograf mekanis penuh, meca-kuarsa umumnya lebih tipis, lebih tahan lama, andal, kurang ramah perawatan, dan lebih cepat diservis.

Inovasi pembuat jam Swiss mungkin saja bisa tonggak sejarah di industri jam tangan jika Seiko tidak melanjutkan. Ya, Seiko sendiri menciptakan versi meca-kuarsa yang lebih terjangkau. Tidak hanya untuk koleksinya sendiri, tetapi juga untuk merek mikro yang ingin membuat kronograf meca-kuarsa.

Spinnaker Fleuss Chronograph SP-5085-02. Foto: Machtwatch

Meca-kuarsa kaliber Seiko yang populer termasuk Seiko SII VK63, SII VK67, dan VK83. Seiko VK63 adalah keturunan langsung dari meca-kuarsa paling awal dan disebut-sebut menjadi yang paling andal dan kokoh saat ini. Tak heran kaliber ini banyak digunakan di berbagai merek jam tangan.

Contoh jam tangan yang menggunakan meca-kuarsa antara lain adalah seri Seiko SSB, Spinnaker Fleuss Chronograph, Duxot Accelero, dan banyak lainnya.

Tertarik memiliki koleksi jam tangan dengan kaliber meca-kuarsa? Segera buka situs atau aplikasi Jamtangan.com. Ada beberapa koleksi yang bisa Anda pertimbangkan. Selamat berbelanja!

Posnya Akurat dan Tahan Lama, Apa Itu Gerakan Meca-Quartz? muncul pertama kali di Blog Machtwatch.

Related Posts

Grand Opening Toko Machtwatch di Aeon Mall Bagi-Bagi Casio Gratis

Segera buka! Toko Machtwatch di Aeon Mall Sentul City, Bogor. Pembukaan toko Machtwatch resmi dimulai tanggal 28 Oktober 2020 dan dimeriahkan oleh promo menarik...

Review Casio G-Shock CARBON CORE GA-2110SU-9A

Masih ingat dengan hebohnya dunia per”G-Shock”an saat Casio merilis model terbaru ( dan murah ) mereka yang mengusung teknologi carbon core guard, GA-2100? Yah model...

Review Casio G-Shock Rangeman GW-9400-1B – 7 tahun penantian!

Indonesia akhirnya “kebagian” jatah untuk seri blackout Rangeman GW-9400-1B ini! Cukup menyedihkan yah sebenarnya, model GW-9400-1B yang harusnya sudah dirilis pada awal januari 2020, baru...